Selasa, 27 Desember 2011

Pengertian Search Engine dan Contohnya

Search engine atau mesin pencari adalah sarana gratis yang anda dapat manfaatkan untuk mencari informasi di Internet. Alat bantu pencari informasi ini berfungsi seperti kartu katalog di perpustakaan.
Untuk dapat menggunakan search engine, pengguna diharuskan untuk mengetikkan kata-kata atau frasa yang disebut teks pencarian atau biasa dikenal dengan kata kunci tentang apa yang akan dicari. Hasil dari pencarian search engine berupa link-link yang jumlahnya bisa mencapai 90.000 link. Kebanyakan mesin pencari  menampilkan hasil pencarian berdasarkan seberapa dekat kata-kata dalam teks pencarian satu dengan yang lainnya pada judul halaman web dan penjelasannya. Oleh karena itu,  beberapa link yang paling atas biasanya mengandung informasi yang lebih relevan. Contoh Search Engine yang paling terkenal adalah Google dan Yahoo!.

Tips-tips yang dapat dilakukan untuk memudahkan pencarian dengan search engine :
·       Gunakan kata benda yang spesifik dan masukkan istilah-istilah yang paling penting terlebih dahulu di dalam teks pencarian
·         Gunakan tanda bintang (*) untuk menggantikan karakter-karakter dalam kata – kata. Misal : pro* maka akan menghasilkan profesional, profesor, pro, protective, protect, dan berbagai variasi lainnya.
·       Gunakan tanda kutip (“ … “) untuk membuat frase sehingga mesin pencari dapat menghasilkan pencarian berdasarkan urutan kata-kata yang tepat sama seperti urutan kata dalam tanda kutip.
·         Daftarkan semua kemungkinan pengejaan. Misal email dan e-mail.

Operator  yang dapat digunakan untuk memudahkan pencarian dengan search engine (Google):
·         Operator “OR"
Digunakan untuk mencari web yang mengandung kata k1 OR k2 OR k3 kn.
Contoh dimasukkan kata kunci : teknik OR informatika.
Maka hasilnya akan memunculkan semua web yang di dalamnya memuat kata “teknik” dan web lain yang memuat kata “informatika”, tetapi tidak memunculkan web yang memuat kata “teknik” dan “informatika” di dalamnya. Dalam penggunaan operator “OR”, penulisannya harus dalam huruf kapital. Kalau operator “OR” tidak ditulis kapital maka akan memunculkan web yang di dalamnya memuat kata “teknik” dan “informatika”.
·         Operator Minus (“ - “)
Digunakan untuk mencari web yang tidak mengandung kata tertentu.
Contoh : kacang –pertumbuhan. Maka hasilnya akan memunculkan web yang di dalamnya memuat kata “kacang” namun tidak akan memunculkan web yang memuat kata “pertumbuhan”, sekalipun ada kata “kacang” di dalamnya.
·         Operator Tanda Tilde ( ~ )
Digunakan untuk mencari web yang didalamnya memuat kata kunci yang dimasukkan termasuk sinonimnya. Contoh :  ~Economic. Maka hasilnya akan memunculkan semua web yang mengandung kata “Economic” maupun definisi serupa dalam pendekatan lain. Misal ; business and financial, education dan sebagainya.
·         Kata Bantu “allintittle”
Digunakan untuk mencari web yang memiliki tittle yang sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan. Tittle adalah serangkaian teks yang muncul di baris paling atas pada bagian window dari sebuah web.
·         Kata Bantu “allinurl”
Digunakan untuk mencari web yang alamat web atau URL-nya mengandung kata seperti pada kata kunci yang dimasukkan. Contoh : allinurl: jurnal. Maka akan memunculkan semua web yang alamat web atau URL-nya mengandung kata “jurnal”.
·         Kata Bantu “define”
Digunakan untuk mencari definisi suatu istilah pada web, misalnya ingin mencari pengertian atau definisi dari akunting. Maka kata kunci yang dimasukkan adalah define : akunting.
·         Kata Bantu “related”
Digunakan untuk mencari web yang memiliki keterkaitan dengan website tertentu. Misalnya mencari website lain yang berhubungan dengan website dikti, maka kata kunci yang dimasukkan adalah related : www.dikti.go.id
·         Kata Bantu “filetype”
Digunakan untuk mencari sebuah web yang mengandung file yang sesuai dengan kata kunci dan tipe file dimasukkan. Misalnya mencari artikel yang terkait dengan Akuntansi dan/atau Syariah dalam .doc (Microsoft Word 2003) maka digunakan keyword = Multimedia filetype: doc.
 
Contoh : http://www.wikipedia.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar