Selasa, 27 Desember 2011

Pengertian Link dan Contohnya

link (juga hyperlink) adalah sebuah acuan dalam dokumen hiperteks (hypertext) ke dokumen yang lain atau sumber lain. Seperti halnya suatu kutipan di dalam literatur. Dikombinasikan dengan sebuah jaringan data dan sesuai dengan protokol akses, sebuah komputer dapat diminta untuk memperoleh sumber yang direferensikan.
Tujuan dibuatnya link adalah sebagai jalan pintas atau shortcut menuju halaman atau website lain. Link dapat berupa tulisan ataupun gambar. Cara mengenali link :

-        Pointer akan berubah menjadi sebuah tangan apabila diarahkan ke link, baik link berupa tulisan ataupun gambar.
-         Link berupa tulisan biasanya diberi warna yang terang dan berbeda dengan tulisan lainnya ataupun diberi garis bawah. Contoh : 4Shared

Ada beberapa macam-macam link, antara lain :
-         Interlink
Interlink (Internal Link) adalah tautan antar artikel dalam suatu website atau blog, baik artikel baru ataupun lama. Tujuannya agar mempermudah pengunjung dalam pencarian artikel.
-         External Link
External link adalah tautan yang menghubungkan sebuah website atau blog ke website atau blog lainnya. Selain untuk mempermudah pencarian, external link bagi blogger (pemilik blog) juga berfungsi agar blog mereka sering dikunjungi sehingga menghasilkan PR (PageRank) yang tinggi.
-         Broken Link
Broken link adalah sebuah tautan yang menghubungkan suatu website ke website atau URL yang tidak tersedia seperti halaman “Not Found” atau error URL lainnya.

Dalam link juga dikenal istilah Link Exchange atau bertukar link. Link Exchange banyak digunakan oleh blogger untuk saling bertukar link dengan tujuan meningkatkan angka berkunjung ke website mereka. Link Exchange dapat dilakukan dengan cara meninggalakan komentar pada blog atau website lain atau meninggalkan alamat URL pemilik blog dalam komentar pemilik blog lain.
Secara dasar kode HTML link adalah sebagai berikut :


dalam kode tersebut atribut href mengacu kepada url halaman yang dituju, sedangkan anchor teks berada diantara tag sebagai pembuka dan tag sebagai penutup. untuk contoh real dalam pembuatan link anchor teks adalah sebagai berikut:


contoh: News

10 komentar: